Rabu, 26 September 2012

BAZAR PRODUK FMA

Wakil Bupati Cirebon Bapak H. Ason Sukasa, Sm.Hk, atas nama Bupati Cirebon pada hari Selasa tanggal 7 Agustus 2012 kemarin telah membuka secara resmi BAZAAR MURAH PEDULI RAMADHAN 1433 H. bertempat di Alun-alun Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon. Kegiatan bazaar yang dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Cirbon dalam menyediakan barang kebutuhan dengan harga terjangkau sesuai tingkat daya beli masyarakat diantaranya ditawarkan produk-produk pangan dan sandang keperluan Lebaran.

Kegiatan ini diselenggarakan disamping sebagai kepedulian Pemerintah untuk menyediakan sarana pemasaran produk-produk dari para produsen juga memberikan kesempatan dan menyediakan barang kebutuhan menyambut lebaran 1433 H yang sebentar lagi dating menghampiri dengan harga sesuai kemampuan masyarakat sekitar.

Unit Pengelola FMA (UPFMA) se Kabupaten Cirebon dalam Bazar ini tampak mendominasi stand yang tersedia, terutama dalam penyediaan kebutuhan pangan baik dalam bentuk bahan seperti beras, bawang merah, kacangijo, cabe, jamur merang, jamur tiram, telur ayam, telur bebek dan lain sebagainya. Juga tersedia dalam bentuk olahan pangan seperti telur asin, terasi rebon, gula, emping mlinjo, krispi jamur, sirop jamur,kecap, aneka kueh nastar, krupuk, buah-buahan seperti papaya virginia, kelengkeng, timun suri, jagung manis dan sebagainya.

Wakil Bupati menyarankan agar kegiatan Bazar Murah semacam ini hendaknya dapat lebih sering dilaksanakan, agar kepedulian terhadap masyarakat terutam adalam menyediakan barang kebutuhan dengan harga yang terjangkau dapat lebih luas dan lebih banyakmasyarakat yang dapat merasakannya.

Lebihlanjut Wabup menyarankan bahwa Bazar Murah dapat dilaksanakan minimal enam kali selama Bulan Ramadhan tiap tahunnya yakni dua kali di wilayahTimur, dua kali di Wilayah Tengah dan dua kali di Wilayah Barat.





UPFMA yang merupakan unit pelaksana pembelajaran petani atau penyuluhan pertanian yang berbasis kebutuhan petani ini merupakan kegiatan pada Program FEATI pada Satker BKP5K Kabupaten Cirebon yang diantaranya terus didorong untuk tumbuh dan berkembangnya agribisnis di pedesaan, setiap tahunnya selalu aktif mengikuti Bazar Peduli Ramadhan atau kegiatan serupa pada momen yang lain yang diselenggarakan Pemerintah Daerah.

Produk-produk FMA yang ditawarkan kemarin tampak habis bersih terjual, hal ini dapat disimpulkan bahwa produk-produk yang diusahakan FMA tersebut telah tepat sesuai kebutuhan pasar, untuk itu patut untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan di masa yang akan datang.

(ditulis : Supriadi – Penyuluh Pertanian Madya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar